Bayi Kecilku sudah 33 Minggu sekarang, Sebentar lagi!

Sudah lewat satu bulan sejak pertemuan terakhir dengan bayi kecilku, Elang, saat dia berumur 28 minggu. Kangen dan rindu sekali ingin melihat perkembangannya sekarang. Harusnya aku dan suamiku sudah menjadwalkannya tepat saat usia kehamilanku 32 minggu, tetapi karena satu dan lain hal, jadi harus diundur diminggu berikutnya.

8 Januari 2013, menurut hitungan yang ada, saat ini usia kehamilanku memasuki 33 minggu, sudah 8 bulan lebih satu minggu. Tidak terasa waktu cepat berlalu. Tinggal menunggu satu bulan ke depan, menyambut kehadiran Bayi Kecilku, Elang. Itu berarti, tidak lama lagi aku akan pensiun dari sebutanku saat ini “Ibu Hamil”.

Pokoknya menjadi ibu hamil, merupakan pengalaman yang paling menakjubkan! Banyak sekali suka dan dukanya, apalagi sudah 33 minggu aku menjalaninya, kalau diceritakan, mungkin kapasitas memori di blog ini tidak akan cukup..hehehehe lebay!

Hari ini, aku kontrol dengan dr.Ika Sri Purnamaningsih,SpOG. Dokter cantik yang dulu memeriksa kandunganku saat berumur 4 dan 8 minggu. Senang sekali bisa bertemu dengan beliau lagi. Waktu menginjak usia 3 bulan, dr.Ika,SpOG cuti melahirkan, sehingga aku melanjutkan kontrol dengan dr.Satrio,SpOG. Saat masuk ruangan, senyum ramah nan anggun mengembang diwajah si dokter cantik ini.

“Hay dokter, kita ketemu lagi”

“Hallo apa kabar? terakhir ketemu bulan apa yaa… hmmm.. juli ya”

“iya dok, sekarang ketemu lagi perutnya sudah besar.hehehehehe”

Kurang lebih seperti itu perbincangan awalku dengan beliau, sempat berbagi cerita tentang proses persalinannya. Aku selalu antusias kalau mendengarkan cerita orang melahirkan, rasanya itu suatu hal yang sangat ajaib, luar biasa dan menakjubkan! Mendengarkan cerita orang-orang yang sudah lebih dulu berpengalaman saat hamil dan melahirkan, buatku menjadi buku alami yang bisa aku pelajari dan aku serap ilmu-ilmunya. Jadi, untuk ibu-ibu muda yang lagi hamil jangan pernah sungkan untuk bertanya dan mencari tahu segala apapun bentuk informasi tentang kehamilan dan yang terkait, supaya kita punya bekal dan jadi lebih paham dengan apa yang sedang dijalani.

dr.Ika,SpOG menjelaskan secara detail kondisi dan perkembangan Elang saat ini, Alhamdulillah kepalanya normal, lalu diperlihatkan lambung, ginjal, jantungnya.

“Sudah tau belum laki-laki atau perempuannya” Tanya dr.Ika,SpOG

“Sudah dok, laki-laki.hehehehe”

“iya, ini testisnya sudah turun ke kantung skrotum”

“Alhamdulillah…”

Di kehamilan 33 minggu, berat badan bayi harusnya sudah 2kg atau 2000 gram. Saat ini berat badannya Elang mencapai 1900gram, Wah! kurang 100gram lagi, walau dokter bilang masih normal, tapi kayanya dapet PR nih buat naikin berat badan Elang. Aku langsung melirik ke Ayah, yang sedaritadi memperhatikan monitor USG. Ayah membalas menatapku dengan penuh arti. Padahal saat itu dalam hatiku berkata:  “Asiikkkk! bisa minta dibeliin es krim coklat sebanyak-banyak nih ke dia.heheheheehe”

Posisi kepala sudah dibawah, tapi masih ada kemungkinan untuk berubah posisinya. Nanti kalau sudah masuk usia 36 minggu, biasanya itu sudah fix menjadi posisi terakhir. Ya Allah semoga saat diminggu tersebut posisi Elang kepalanya sudah dibawah ya, supaya bisa lahir dengan normal.Aminnnn!

Kemudian aku juga tidak melewatkan waktu untuk berkonsultasi tentang pengalamanku beberapa hari sebelumnya saat perutku yang tiba-tiba merasakan “kontraksi”. Ya, dr.Ika,SpOG menjelaskan hal tersebut wajar, kehamilan yang sudah memasuki usia 32 minggu, biasanya akan mengalami yang namanya Kontraksi Palsu, tapi harus tetap berhati-hati dan banyak istrihat untuk menghindari kelahiran prematur.

Taksiran waktu persalinanku diperkirakan pada Bulan Februari. Kami menghitung waktu persalinan bersama-sama, jadi mulai tanggal 12 Februari, berarti saat usia kehamilanku 38 minggu, bayi sudah matang dan siap untuk dilahirkan, Hanya biasanya, kelahiran normal itu terjadi pada usia kehamilan 39-40 minggu. Hmmm… kalau dihitung-hitung, ada terselip tanggal lahirku..hihihihihihi langsung ku elus-elus perut dan berkata dalam hati “Elang, mau ga keluarnya tanggal 18 Februari” heheheheehehehe masih usaha aja yah, ngarep tanggal lahirnya sama…

dr.Ika,SpOG memberikan surat pengantar untuk cek laboratorium, yang seharusnya sudah dilakukan pada saat Trimester Kedua. Lalu memintaku untuk kontrol kandungan lebih rutin 2 minggu sekali, nanti kalau sudah masuk 9 bulan, kontrolnya jadi seminggu sekali..wahh seru nih! bisa ngitipin Elang terus didalem perut.hehehehe

Semoga Bayi Kecilku sehat selalu ya diperut Bunda, sampai bertemu 2 minggu lagi sayang..Salam kecup dan rindu dari Bunda dan Ayah :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s