Elang, Bayi Kecilku yang Lincah!

Saat usia kehamilan memasuki 16 minggu, aku sudah mulai merasakan bagaimana janin yang ada didalam perut ini bergerak-gerak. Walau gerakannya tidak terlalu kuat, tapi aku bisa merasakannya. Senang sekaliiii..saat pertama kali tahu kalau ada sesuatu yang hidup didalam perut. Ya! gerakan-gerakan yang dibuat janin didalam perut, terkadang bermakna cukup dalam buat ku pribadi. Takjub dengan segala kebesaran yang diciptakan Allah SWT, yaitu ada sebuah kehidupan sebelum hidup, kehidupan dalam alam rahim. Banyak rahasia yang diluar jangkauan pikiran manusia untuk dapat mengetahui apa saja yang terjadi di alam rahim. Tapi kita WAJIB percaya! itulah salah satu bentuk  keimanan kita kepada Allah SWT.

Mungkin sebenarnya janin sudah mulai bergerak sejak usia 8 minggu, tapi karena ukurannya yang sangat sangat kecil sekali, jadi kita tidak bisa merasakannya. Aku jadi ingat saat di USG transvaginal usia 8 minggu, ada sesosok bulatan yang tidak bulat besarnya sekitar 1,5cm, bergerak-gerak, lebih tepatnya sih berdenyut, itu detak jantungnya. Tapi kalau menurut informasi yang aku tahu, si bayi setelah melewati minggu tersebut, berenang-renang kesana kemari loh! lucu yaa.. Bentuknya yang masih kecil didalam kantung gestasi yang ukurannya lebih besar, lalu dikelilingi banyak air ketuban, jadi si janin bisa meluncur ke kanan, ke kiri, ke atas, ke bawah sesuka hati. hmmm.. gemes yah! coba aja ada semacam CCTV gitu di dalam perut, wah pasti aku ngga akan mau lepas pandangan buat ngamatin aktivitas yang dilakukan janin di dalam rahim.

Nah! kalau sekarang, Elang sudah lebih besar. Terakhir cek kandungan saja berat sudah mau 2kg. Gerakannya sudah tidak bisa berenang kesana-kemari lagi, karena perutku sudah hampir full sama badannya. Tapi jangan salah, semakin kesini, gerakannya semakin kuat! kerasa banget!

Ngapain aja si Bayi Kecilku ini di dalam perut? Kenapa aku suka merasa perut ini berkedut-kedut? Kadang besar sebelah atau sebagian permukaan perutku suka melengkung ke dalam..Yuk! kita cari tahu.

1. Mengulet, gerakan ini biasanya kalau ibu lagi berbaring terlentang. Sebenarnya saat mengulet, bayi sedang melakukan gerakan meregangkan otot dan bisa dilakukan lebih dari 1 kali dalam sehari

2. Tendang-Pukul-Sikut, Bayi kecil sedang berolahraga nih! dengan meluruskan kedua tangan dan kakinya secara bergantian ke arah depan, yaa melatih otot-ototnya untuk berkembang

3. Mengisap jempol. Ih unik yaaa.. ternyata bayi juga bisa mengisap jempolnya. Biasanya bayi mengisap jempol saat ibu lagi nikmatin makanan lezat. Hmm  seperti ayam bakar madu misalnya. nyummmyyyyy!! Jadi bayi menunggu turunnya zat-zat gizi dimakanan itu masuk ke aliran darahnya melalui plasenta. Wahhh..ga nyangka, ternyata Elang juga ngiler yah didalem perut kalau aku lagi pengen banget ayam bakar.hihhhiihihihihi

4. Berputar, Bayi kecil juga sering berpindah dari satu sisi ke sisi lain sambil menggerakkan tangannya. Biasanya ia “berguling-guling” saat ibu sedang sibuk bekerja. Ahh Elang memang suka sekali ini kalau Bunda lagi mantengin komputer atau lagi nyelesain kerjaan, pasti perutnya bluwek-bluwek, kedat-kedut, goyang-goyang, ga mau kalah saing ya sayang? ikut-ikutan Bunda, sibuk jumpalitan didalam perut? :*

5.Menunduk, Bayi akan menundukkan kepala dan menutupi matanya saat ibu sedang berjemur atau duduk mencari kehangatan di bawah sinar matahari. Ia melakukan hal itu karena merasa silau akibat melihat cahaya yang tembus masuk ke dalam perut. Hehehehee Elang harusnya ngomong dong sama Bunda kalau silau, nanti Bunda belikan Kacamata Hitam yang kece :p

Gemes banget deh kalau dengar cerita-cerita kelakuan si bayi kecil di perut, jadi semakin ga sabar menanti kehadiran Elang. Ugghhh! pasti langsung aku cium-ciumin tuh pipinya!

Bumil-bumil yang cantik, kalau bayi kecil di perutnya bergerak-gerak, jangan lupa di usap perutnya atau bisa sedikit ditowel-towel perutnya.hehehehe biasanya nanti dia akan membalas loh dengan mengetuk perut kita. Ini merupakan cara bayi berkomunikasi dengan Bunda-nya..hmmmm menyenangkan sekali yaaaa… :”)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s