Tag Archive | MPASI Homemade

MPASI Elang: Carrot Fusilli with Cheese

image

@affifahlaila

Carrot Fusilli & Cheese
Bahan:
– Fusilli
– Air Kaldu
– Wortel (di parut)
– Kuning telur
– Keju
– Unsalted Butter

Cara Membuat:
Rebus fusilli dengan air kaldu sampai matang dan lembut, air kaldu biarkan tersisa sedikit. Tumis unsalted butter hingga meleleh kemudian tuang fusilli dan sisa air kaldunya, Masukkan wortel, lalu kuning telur, aduk-aduk, tambahkan keju parut. Masak hingga matang. Enaaakkkk!

Resep by MPASIRumahan

MPASI Elang 8m+ NASI TOFUMAT DAGING

Hasil karya Bunda, modif-modif resep dari para mommi yang sudah berpengalaman. TADAAAAAAAA!

NASI TOFUMAT DAGING 8m+

Nasi, Tofu, Tomat, Daging. Basicnya sih kaya buat saus bolognaise, cuma ditambahin tofu biar nambah gizinya.

tofumat daging

Bahan:

Tofu Telur, Tomat -Rebus buang biji dan kulit- haluskan, Daging giling, Air Kaldu, Bwg putih, Bwg bombay

Cara Buat:

Tumis UB, masukkan bawang bombay dan bawang putih, masak hingga layu dan harum, tuang air kaldu, masukkan daging giling (kalo aku dagingnya direbus sebentar sebelumnya, biar memastikan kalo daging matang), masukan tofu, tuang saus tomat (tomat rebus) masak hingga matang, angkat sajikan dengan bubur nasi, dan tambahkan parutan keju. Nyamm!

Oya karena lebih, aku tinggal tambahin garem aja trus tuang diatas spaghetti, dimakan deh sama Ayahnya, pake saos. Sluurrrpp!

MPASI Elang 8m+ : Daging Goreng Siram Saus Keju

Yeayyy ini resep modifikasi sendiri, persembahan khusus untuk anakku tercintah, Elang Wijaya.hihihihihi

daging goreng saus keju

Daging Goreng Siram Saus Keju 8m+

Bahan: Daging cincang, Saus pir (pir di kukus/rebus lalu diblender), Unsalted Butter, Bwng putih, Bwng bombay, Lada secuil

Sausnya: Bwng bombay, wortel, keju, air secukupnya

Cara Membuat:

Rebus Daging hingga matang, Panaskan teflon, tumis UB hingga meleleh, bawang putih dan bawang bombay, masak hingga harum dan layu. Kemudian masukkan daging, siram dengan saus pir, beri lada secuil. masak hingga matang

Sausnya: tumis bawang bombay dengan UB, tambahkan air secukupnya, masukan wortel, keju parut. masak hingga matang. siram diatas daging goreng.

Nyummmiiieehhhh :9

MPASI Elang 8m+ : Potato Salmon w/ Cheeseeee :)

potato salmon w cheese

 

Potato Salmon With Cheese (8m+)

Sejak elang masuk usia 7 bulan, aku udah cobain naik tekstur untuk Elang. Alhamdulillah ga hoek hoek!

Nyoba resep dari milis MPASI Rumahan (Thanks mommi Cynthia Pinasthika), ngakalin Elang yang ga mau makan salmon, pertama kali di kasih salmon yang di goreng pake butter, Elang ga mau, malah buang muka ke kanan dan ke kiri. hihihihihi

Nah resep ini manjuuuuurrrrrrrr, Elang lahap bangettt, udah diambilin semangkok (sesuai porsi makannya) ehh kurang, yasudah diambil lagi dan akhirnya ludess dess dess endesss..

Bahan :
-1 buah kentang ukuran sedang , kukus
-1 buah wortel kecil , kukus
-1 siung bawang merah
-1 siung bawang putih
-Unsalted butter secukupnya
-Olive oil utk menumis
-ikan salmon suwir/cacah kecil secukupnya
-seledri sedikit
-daun bawang sedikit
-keju parut sesuai selesai
– air 150 ml

Cara :
1. Haluskan kentang, wortel dan UB dengan blender
2. Tumis duo bawang dengan olive oil, berikan air secukupnya.
3. Masukkan potongan ikan salmon, daun bawang, seledri. Tunggu sampai ikan matang
4. Masukkan puree kentang + wortel.
5. Masak hingga mendidih dan sajikan dengan parutan keju.

 

Akhirnya Elang doyan makan Salmon 😉

MPASI Elang 6 bulan +

Karena Bundanya Elang seorang pekerja yang kudu berangkat dari pagi pulang malam, tapi tetep keukeuh ga mau kasih Elang dengan makanan instan. Jadilah makanan Elang dibuat di hari minggu. Di stok masukin freezer untuk satu minggu ke depan.

Apa saja makanan yang bisa di simpan bekukan?

Banyak! Jadi mommies yang bekerja ga usah galau yak, biarpun kita bekerja, tapi tetap bisa mempersembahkan makanan untuk sang anak hasil buatan sendiri, siapa yang ga bangga bisa kasih makanan anaknya yang udah pasti terjamin kualitas dan mutunya udah gitu plus-plus lagi, plus cinta plus dibikin pake hati, pake keringet sendiri kadang-kadang.hehehehe yaa tapi ga sampe ngucur2 kena makanan juga, ini Bundanya Elang aja yang lebay.hehehehe

Frozeen Food MPASI Elang

 

Nah untuk minggu ini aku ngebekuin air kaldu ayam, puree ubi ungu, apel, pir, zukini, wortel. Stok untuk 1minggu kedepan. Oya buburnya aku buat sebelum berangkat kerja, tadinya mau ikut-ikutan pakai Gasol, tepung beras organik yang hits banget dikalangan ibu-ibu yang ngasih anaknya MPASI, katanya gasol itu non instan. Tapi waktu ngobrol-ngobrol sama konselor ASI di kantor, dikasih tau katanya ngapain pakai tepung, langsung aja bikin bubur dari beras, “emangnya nanti anakmu bakal makan tepung beras terus?” selorohnya begitu,.hehehehe

Gimana sih cara bikinya?

Gampang bangetttt! *alah gaya sotoy* 😛

Kalo bayi kita masih usia 6-7 bulan makannya masih sekitaran pengenalan buah, sayur dan bubur2an. Oya lupa kasih tau MPASI ini banyak alirannya, kalo kita browsing-browsing internet, buanyaaaakkkk lg paham2 MPASI yang kadang bikin kita bingung juga, ada yang bilang MPASI dikenalin buah dulu (pisang) ada yang bilang sayur dulu biar anak kenal rasa sayur yang pahit baru dikasih rasa manis buah, supaya anak suka sama sayur, ada juga yang kasih bubur susu, sebenernya ini balik lagi ke kita sebagai emaknya yang punya kuasa penuh buat menentukan mau dikasih apa anak kita? setiap ibu pastinya selalu ingin kasih yang terbaik, jadi buat aku, apapun yang di pilih sang ibu untuk diberikan kepada buah hatinya, pasti itu yang terbaik. Hal ini juga termasuk dalam pemberian makanan instan atau non instan. judulnya kan disarankan membuat makanan anak sendiri, tetapi kalo ibunya memang ga sempat mau bagaimana lagi, pasti ibu juga punya alasan sendiri kan  😀

Basic puree itu buah-buahan atau sayur-sayuran (yang sudah sesuai dengan usia bayi untuk pemberian sayur buah) di kukus atau di rebus, lalu disaring atau bisa juga di blender, untuk awal-awal bisa dicampur dengan ASI/Sufor, supaya anak ga kaget, dan jenis makanan yang baru diperkenalkan jangan lupa aturan waktu tunggu 4 hari ya, biar ketawan anak alergi tidaknya dengan jenis makanan tersebut.

Selamat mencoba berpuree-puree ria 🙂